Pages

Thursday, August 9, 2012

membuat icon USB stick sendiri

Membuat icon USB stick sendiri.

Jangan bilang anda belum punya media penyimpanan data yang satu ini, USB stick sekarang ini sedang populer-populernya
, harganya yang semakin murah serta kapasitasnya penyimpanan yang semakin besar membuat setiap orang yang mengenal komputer pasti memilikinya.
kepraktisannya dan daya simpannya yang tinggi itulah yang mengubur keberadaan pendahulunya yaitu disket, saya juga tidak tahu apa masih ada yang jual disket sekarang ini mengingat murahnya harga flash disk bandingkan 2 tahun yang lalu, membuat orang mulai melupakan keberadaan disket.
Pada saat kita mencolokkan flash disk ke komputer biasanya akan muncul icon seperti ini:
usb icon
Lalu pernah kah terpikir oleh anda untuk mengganti iconya? Ah …kalo cuman ngganti icon mah biasa….! Eits…tunggu dulu…memang kalau Cuma mengganti iconnya aja semua orang bisa, tapi  bagaimana kalau iconnya itu buatan anda sendiri? Bagaimana jika muka anda yang menjadi iconnya? Penasaran..??
Untuk melakukan hal tersebut anda harus membuat iconnya terlebih dahulu, dan untuk membuat image dengan format file .ico anda memerlukan sebuah program khusus, Untuk itu saya sudah menyediakan program pengolah icon untuk anda, program ini gratis alias freeware, Nama program kita kali ini adalah icofx, bisa anda download disini :
Sekarang tunggu apalagi, segera instal icofx,  kedalam komputer anda. Dalam pembahasan kali ini kita akan membuat icon dari foto anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pilih foto tercakep anda yang akan digunakan sebagai bahan, bagi anda yang tidak punya foto tercakep (gak pede atau gak cakep ^_^), saya meyediakan file gambar berupa gambar kenshin (kalo gambar saya nanti banyak yang protes..^_^) yang dapat anda gunakan sebagai bahan.
  • Buka photoshop, kemudian buka file gambar yang akan anda gunakan , jika sudah, ubah ukuran gambar anda menjadi 48×48 pixel.
  • simpan gambar kedalam format JPEG, atau BMP.
  • Kemudian buka program icofx, klik menu file > import image, pada jendela open yang muncul cari file gambar yang sudah anda ubah ukurannya menjadi 48×48 pixel tadi, jika sudah ketemu klik open, akan muncul menu pop up new image, pada box color beri tanda pada pilihan true color + alpha chanel (32 bits) dan pada box size tandai pilihan 48×48, klik OK jika sudah dan anda memasuki jendela kerja icofx
newimageopen image
  • cari file gambar yang akan anda gunakan (yang sudah di ubah ke ukuran 48×48 pixel tentunya)
  • Silahkan jika anda masih ingin mengeditnya dalam jendela kerja icofx, anda dapat menambahkan text, memberikan effect, merotasi gambar dsb. Gunakan tool-tool yang tersedia.
  • Jika anda sudah puas mengeditnya, klik menu file > save as, pada tab save in tentukan direktory dimana anda akan menyimpan filenya sebagai contoh kita simpan saja di C;/, kemudian beri nama file misalnya kita beri nama icon1 kemudian klik save.
  • Nah sekarang anda sudah memiliki icon buatan anda sendiri. Langkah selanjutnya adalah membuat file autorun agar icon anda dapat ditampilkan sewaktu anda mencolokan USB stick kekomputer.
  • Buka program note pad, kemudian ketikan command berikut ini pada note pad anda:
1
2
3
[AutoRun]
icon=icon1.ico
Keterangan:
Kata yang bergaris miring merupakan nama file icon yang akan anda gunakan, dalam contoh kita memberi nama filenya dengan icon1,  jika nama icon yang anda gunakan berbeda maka silahkan anda sesuaikan, Misalnya file icon yang akan anda gunakan namanya gambar1 maka yang harus anda ketikan adalah seperti ini:
[AutoRun]
icon=gambar 1.ico
Jadi sesuaikan dengan nama file icon anda.
  • Jika sudah, klik menu file > save as pada program notepad anda, beri nama file autorun.inf (namanya harus autorun.inf jangan diganti-ganti), kemudian pada tab save as type klik menu pulldown yang ada disana kemudian pilih all files.
  • Simpan ditempat anda menyimpan file iconnya tadi. Dalam contoh kita menyimpannya di C:/, klik save jika sudah.
  • Jika sudah, copy file autorun.inf dan file icon.ico tadi kedalam usb stick anda, jika kedua file tadi sudah benar-benar masuk kedalam USB stick anda cabut USB stick anda kemudian colokan kembali kekomputer dan lihat hasilnya. Maka icon USB stick anda akan berubah menjadi icon anda sendiri, dan hal ini tidak hanya terjadi dikomputer anda, tapi dikomputer mana pun jika anda mencolokan USB stick anda kekomputer tersebut maka yang akan ditampilkan adalah icon anda. Sehingga USB stick anda akan mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak terdapat pada USB stick yang lain, unik bukan..?
icon
Icon anda ini akan muncul dimana pun anda mencolokan USB stick anda, dan tidak akan terdapat pada USB stick yang lain.
catatan:
¯  Jika anda ingin mengganti icon yang ada, anda tinggal memasukkan icon baru kedalam USB stick anda, kemudian ubah konfigurasi file autorun.inf (sesuaikan namanya dengan icon baru yang akan digunakan), dengan catatan: file icon dan file autorun.inf harus terletak pada satu jendela yang sama, tidak boleh terpisah (ingat seperti anda memasang file desktop.ini pada buku pertama)
Tidak boleh dipisah antara file autorun.inf dengan file iconnya, dimana ada autorun.inf disitu ada file iconnya.
¯  Jangan sekali-kali memasukan file autorun.inf dan file iconnya kedalam folder apapun, jika anda melakukannya maka trik ini tidak akan berjalan.
¯  Jika anda masih belum berhasil atau gagal coba anda copy dan paste file autorun.inf beserta file iconnya yang telah saya sediakan didalam CD kedalam USB stick anda.
¯  Jangan lupa untuk mencabut terlebih dahulu USB stick kemudian memasangnya kembali, untuk melihat hasilnya.
Tips:
¯  Trik ini juga dapat digunakan untuk mengubah icon pada drive anda, jika anda mengikuti langkah2 diatas sesuai dengan apa yang saya tulis (menyimpan icon dan autorun.inf di drive C:/) maka jangan kaget setelah anda restart komputer anda, icon pada drive C:/ anda akan berubah, anda juga dapat melakukannya pada drive-drive yang lain, dengan cara yang sama sewaktu anda memasangnya pada USB stick, selama file autorun.inf dan file iconnya tidak terpisah dan tidak masuk kedalam folder.
¯  Trick ini juga bisa digunakan di media penyimpanan data yang lain seperti CD&DVD, jadi sewaktu CD/DVD di masukan, maka icon anda yang akan muncul sebagai iconnya.
¯  Agar lebih sempurna jadikan kedua file tadi (autorun.inf beserta iconnya) hidden file agar kedua file tadi tidak terlihat dan trick anda tidak gampang ketahuan, caranya dengan mengklik kanan kedua file tadi kemudian pilih properties, beri tanda ceklist pada checkbox hidden, klik OK jika sudah.
¯  Gunakan foto anda sebagai icon agar terlihat lebih menarik dan unik.
¯  Trik ini dapat berlaku pada windows vista.

0 comments:

Post a Comment