Pages

Saturday, March 23, 2013

Mengembalikan Quick Launch di Windows 7

Kemanakah Quick Launch di Windows 7? Mungkin banyak dari pengguna Windows 7 yang bertanya seperti itu. Memang secara default Windows 7 tidak menyertakan Quick Launch pada taskbarnya. Tidak seperti versi Windows sebelumnya yang secara default menyertakan Quick Launch pada taskbar.
Quick Launch pada Windows memang banyak mempersingkat waktu kita untuk mengakses beberapa program. Tetapi di Windows 7 mungkin Anda sedikit kecewa dengan hilangnya fitur ini. Anda mesti mengklik menu Start » All Programs dan beberapa langkah lagi ketika ingin membuka suatu aplikasi. Memang Anda bisa menempatkan shortcut di taskbar Windows 7 tetapi jika Anda menempatkan banyak shortcut, taskbar kita akan penuh. Lainnya halnya dengan Quick Launch yang hanya menampilkan teks Quick Launch saja dan hanya jika di klik baru menampilkan semua shortcut.
Namun ada sebuah trik untuk mengembalikan Quick Launch pada taskbar Windows 7. Hanya dengan bebera langkah kita bisa membuat Quick Launch tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik kanan pada taskbar dan klik New Toolbar.
  2. Buat Toolbar Baru
  3. Pada jendela Choose Folder ketik %AppData%MicrosoftInternet ExplorerQuick Launch pada kotak input folder dan klik tombol Select Folder.
  4. Pilih Folder
  5. Sampai tahap ini Quick Launch telah kembali ke taskbar Anda.
  6. Quick Launch di Windows 7
  7. Sekarang Anda tinggal mengatur posisinya dengan menggesernya ke sebelah kanan atau kiri.
  8. Jika Anda tidak bisa menggesernya ke kanan atau ke kiri bukalah kunci dari taskbar dengan mengklik kakan dan hilangkan tanda centang (√) pada Lock the taskbar.
  9. Buka Kunci Taskbar
  10. Anda juga bisa menyembunyikan text dari Quick Launch atau teks dari shortcut pada Quick Launch dengan mengklik kanan pada tulisan Quick Launch dan menghilangkan tanda centang (√) pada pilihan Show title untuk menghilangkan tulisan Quick Launch atau Show text untuk menghilangkan teks shortcut.
Setting Quick Launch
Mudah bukan? Sekarang tampilan taskbar Windows 7 Anda telah kembali seperti Windows Versi sebelumnya dengan memiliki Quick Launch. Untuk menambah shortcut pada Quick Launch tersebut, Anda tinggal menyeret icon-icon di desktop atau di start menu ke atas Quick Launch tadi.

0 comments:

Post a Comment