Pages

Wednesday, September 5, 2012

Trik Paling Ampuh Membasmi Virus

Bagi anda yang suka colak-colek flash disk di komputer atau laptop, atau anda sering maen internet di luaran seperti warnet atau hotspot, pasti pernah mengalami kesal dengan virus yang gak ilang-ilang dan mengganggu aktifitas. Tulisan ini saya buat untuk anda dan berdasarkan pengalaman pribadi. Jika anda setuju, silakan mencoba trik ampuh yang saya lakukan ini, semoga bisa bermanfaat.

Yang perlu anda fahami- sebetulnya, semua antivirus di dunia, apapun namanya, entah antivirus lokal maupun luar, tak bisa menahan serangan virus 100%. Pasalnya, masing-masing antivirus meng-update kemampuannya sesuai dengan perkembangan virus-virus di dunia. Yang bisa kita lakukan adalah menyeleksi antivirus yang -paling tidak- bisa mendeteksi dan menghapus virus yang paling biasa mampir di komputer seputar kita, seperti komputer teman, komputer di rental atau warnet, di kantor atau dimana kita biasa menggunakan komputer. Adapun virus-virus yang bisa kita hapus secara manual lewat regedit atau dos abaikan saja. nanti kita atasi secara manual juga.

Begini triknya.

1. Instal ulang komputer anda
Format ulang hard disk anda seluruhnya tentu saja dengan memback up terlebih dahulu data-data penting ke CD atau eksternal hard disk. Mengapa perlu di format? karena virus kadang sudah bersarang ke file atau master install yang sudah kita simpan di hard disk terutama file-file yang berekstensi exe.
Setelah selesai instalasi windows.
2. Download atau ambilkan master anti virus apa saja (Saya menggunakan Avira, karena saya percaya padanya) beserta update manualnya. Tapi dipastikan dulu komputer tempat anda mengambil file atau file yang anda download tidak terinveksi virus.
3.Instal antivirusnya kemudian apdate manual. Catatannya anda jangan tersambung dulu ke internet. Biarkan instalasi selesai dan apdate antivirus anda dengan manual update.
4.Setelah itu anda coba koneksi ke internet dan update lagi secara online.
Setelah setelah selasai update, masukkan lagi data data-data penting anda yang sudah anda back up tadi ke CD atau ext. hard disk. Scan semuanya dan lihat file yang bervirus terdeteksi semua. Hapus virus-virus yang terdeteksi.

Kekurangan dari motode yang saya gunakan ini, kita akan merasa enggan menghapus file-file kesayangan kita yang teriveksi virus. Tapi demi keamanan komputer kita menurut saya hapus saja file-file itu, terutama jika file-file penting yang kira-kira masih bisa kita copy dari komputer teman atau kantor yang tidak terinveksi virus.
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment